Headlines News :
Home » » Sepeda mini bluwek, seorang ibu dan formasi 3 bocah menembus kepungan serigala - Bike to Life

Sepeda mini bluwek, seorang ibu dan formasi 3 bocah menembus kepungan serigala - Bike to Life

Written By komunitas sepeda santai rawamangun-pulogadung-jakarta timur on Jumat, 18 Januari 2013 | 19.05

Yg bikin saya nafas ngap2an dan serasa sesak dada, karena gemuruh hati yg terharu, gini kisahnya, Senin kemaren emang ujan dari malam, pagi sampe malem lagi, saya akhirnya mengakui kalo alam ga perlu di lawan, dengan kata lain hari ini ga gowes full ke kantor, saya ambil federal dan gowes stasiun, terus nitip di St. Sudimara. Di salah satu sudut stasiun ada beberapa sepeda MTB, Federal, jengky, sepeda mini dan sepeda BMX, sempat kegi aja liat ada BMX ga seperti biasanya ... nah cerita berangkatnya sehhh datar ... sepeda Federalku aku parkir terus helm dan lampu aku bawa naik KRL.

Pas pulang aku naik kereta lagi, hujan rintik2 membuat bajuku rada lembab basah, dalam gerbong KRL ekonomi penuh sesak, maklum ini hari Senin pastilah crowded banget. Tiba2 ada ibu2 tua gendong seorang bocah berumur satu tahun, dan masih nuntun 2 bocah umur 3 th dan 7than "mas, kok pake helm sepeda, helm kayak punya mas berapaan?"saya sempat kaget, rada bengong, jadi lupa kalo masih pake helm sepeda di atas kepala "saya dulu beli 175rban bu" "ohh, mahal ya mas, saya kira dapet harga 15rb" saya tersenyum sambil ngusap kepala si bocah usia 7th yg ga berkedip liat helm diatas kepalaku, maklum helm sepedaku ada lampunya kelip2 pasti bikin anak kecil mupeng .

Sampe stasium Sudimara semua turun, saya sengaja ngalah biar ibu2 dan penumpang lainnya turun duluan. Pas tiba di parkiran sepeda, saya sangat kaget, bukan karena sepeda saya ilang, tapi ibu berjilbab merah muda, pake kaen kebaya batik dan baju biru muda ada di situ juga, dia sibuk membuat formasi membawa 3 bocah untuk pulang pake sepeda, si bocah 1 tahun di gendong rada tinggi di punggung, yg 3 th duduk di bocongen sepeda mini, dan yg 7 th .. udah siap action diatas BMXnya...wah gawat!! tahu sendiri kalo bubaran kereta jalanan deket stasiun ruwet dan semrawut, tukang ojek sruntal sruntul, angkot ngetem dan rebutan penumpang, mobil pribadi bunyiin bel berisik amit2, jalanan buntu oleh motor yg ga mau ngalah pengen keluar dari stasiun ... ujan gerimis menyempurnakan kekacaun malam itu ...

Aku langsung pasang badan deketin si ibu tua dan bilang "ibu ambil posisi kanan, ibu ke depan saja, si bocah biar ditengah, biar saya kawal dari belakang", aku sempat liat Ibu tua rada oleng dan panik karena di serobotin motor, sementara bocah 3 tahun berusaha menutupi adik kecilnya dengan topi bundar, biar gerimis tidak kena kepala si kecil. Aku bunyiin bell bertubi2 biar motor ga nabrak si ibu dan bocah ber BMX yg tanpa lampu itu, duh pokoknya kayak keluar dan kepungan serigala liar ...

100 meter kami lolos dari kepungan motor dan angkot, dannnn.. "( ( ( ((DUARR)) ) ) )" petir menyambar, dua bocah menjerit ketakutan dan ibu tua sempat oleng lagi karena 2 bocah di punggung dan boncegan menangis ketakutan...ujanpun turun sangat deras..

Aku terus kawal, sampe di pertigaan serua ibu tua berhenti "dik, saya jalan lurus kearah serua, adik ke mana?" sejenak saya mengusap mata dan mulut yg penuh air hujan "saya ke arah Villa Dago Tol bu" "oh kalo gitu, adik plng aja saya ga usah di kawal, saya udah tiap hari kok, ga usah khawatir" saya ga bisa jawab, saya hanya mengangguk, terus noleh ke bocah berBMX, saya kasih tanda hormat, dia langsung menegapkan badannya dan membalas tanda hormat saya, nampak semyum senang terlepas dari balik seragam merah putih yg masih dikenakannya, "nak, hati2 di jalan, kamu gowesnya di belakang ibu, dan sering2 bunyiin bell sebagai tanda kalo kamu masih ada di belakang ibu" si bocah langsung memberi hormat, aku salami si bocah dan kami pun berpisah, aku liat mereka menghilang di tengah jalan yg gelap dan deru air hujan. Sesak rasanya dada ini melihat perjuangan idup mereka, Ibu ... hati2 di jalan.... bike to life yg spektakuler ...
Di rumah langsung saya tulis kisah ini dan posting di milis sepeda lipat Indonesia, ga nyangka responnya positif, temen2 langsung punya niat baik memberi peralatan safty untuk ibu dan ketiga anaknya, mereka mengumpulakn helm dan lampu kelip2. Yg Jadi soal gimana caranya aku kasih barang2 ini, aku kan ga tau rumah meraka? Cilaka!!
3 Minggu lebih aku selalu mencari dan mencari di parkiran st. Sudimara (Jombang) berharap ketemu si Ibu dan 3 anaknya, nihil tiap hari aku tunggu ga nongol2. Akhirnya aku cari akal, nitip pesan dan sekalian nitip “kado” dari temen2 idfb ke tukang parkir sepeda di stasiun dengan harapan mereka tidak akan lolos dari maksud dan niat saya menyampaikan bingkisan.
Berhasil!! Horee!! Si tukang parkir berhasil menemui dan memberikan “bingkisan” kecil buat si ibu dan anak2nya. Sudah segitu aja ceritanya? Belum! Sabar…
Nah begitu nerima bingkisan si ibu balik nitip pesan ke tukang parkir untuk bisa kenal ama saya, pemberi bingkisan yg dia anggap mesterius!! He2..janji pun di buat..!!
Hari jumat malem sesuai pesan si ibu aku nunggu beliau di pakiran sepeda, aku sih masih inget betul wajah beliau, senyum dia, yg mana kalo tertawa giginya keliatan ompong di depan (hi2..), seperti biasa dia selalu membawa 3 anaknya, 1 di gendong, 1 bonceng di belakang dan satu naik BMX trailnya. Kali ini lebih gaya, udah pake helm pemberian dari saya termasuk si bocah berBMX, lampu2 blm mereka pasang karena ga ngerti cara masang dan nyalainnya..(gubraxx!!)
Nah biar ceritanya happy ending kali ini saya menyempatkan diri mengawal dia sampe rumah, saya gowes mengikuti dia di belakang si bocah yg ngintil ibunya dengan 2 adiknya, 1 di gendongan dan 1 di boncengan, miris dan merasa tragis melihat keperkasaan ibu ini, beberapa kali oleng dan sempat kaget terus geol2 ketika ada motor menyalip beliau dengan sangat arogan, pengen marah rasanya liat ulah motorist ini.
Setelah setengah perjalan suasana berubah 180 derajat, memasuki daerah Serua, setiap belokan orang2 di situ mengenal si ibu, mereka menyapa dengan ramah, mulai dari polisi cepek, pak satpam, anak tongkrongan, dan orang2 yg berpapasan, ada apa ini? siapa dia? Rasa penasaran ini aku simpan dalam hati, sampai akhirnya saya tiba di sebuah rumah kecil berukuran 3 X 6 meter, yup! rumah petak. Dengan sigap beliau menyediakan secangkir kopi hangat dan kami pun bercakap2 panjang lebar, sambil menunggu suaminya pulang kerja.
Rumah 3 X 6 meter ini milik dia pribadi, 3 tahun kalo engga salah mereka bangun pelan2, dari hasil kerja keras dan banting tulang. Suaminya yg hanya kuli ikat dan panggul di sebuah perusahaan expedisi di daerah priok, tiap hari suaminya naik motor PP ke tempat kerjanya, sedang si ibu kerja serabutan, beliau sering ke daerah kebayoran menjadi PRT, terus lanjut ngajar ngaji. Di hari Jumat beliau jualan buku2 agama islam di depan masjid (sogo jongkok/pasar tumpah) mengais rejeki dari orang2 yg pulang jumat dan mau membeli buku2 rohani dagangannya.
Dulu si ibu pernah kerja kantoran tenaga admin, sejak anaknya ke dua dia berhenti kerja dan momong anak. Saat anak ke 3 kebutuhan mulai naik dan mereka butuh sekolah, akhirnya si ibu nekat kerja lagi, beliau di terima di sebuah perusahaan jasa pengiriman surat. Setiap minggu dia dapet target mengirim 1000 surat ke rumah seluruh Jakarta, dengan upah 200 perak per surat, dan coba tebak dengan apa dia kirim 1000 surat itu? DENGAN SEPEDA!!, wuaduhh ampunnn makk!! Semua surat harus terkirim sesuai dengan jadwal dan target dalam seminggu, jika gagal di denda sesuai aturan, hemm kalo di hitung 200perak X 2000 = Rp.200.000,00 seminggu dan  gowes tiap hari kejar setoran, wuedaann!! Kirimnya ke seluruh Jakarta, waduhhh!!
Saya hanya garuk2 kaki yg ga gatel, cengar cengir serta terharu dengan cerita edan si ibu. Dia dengan santai bilang saya udah terbiasa mas naik sepeda, ga usah khawatir, ini buktinya 3 anak saya sehat2 dan saya ga kekurangan sesuatu apapun!!! “Ya ALLAH orang seperti ini yg punya surga” dalam hati saya.
Sekarang dia berhenti jadi kurir surat karena si kecil ga bisa di tinggal dan mesti bagi waktu untuk nganter dan ngajari anak2nya membaca menulis, dan mengajar ngaji anak2 di sekitar rumahnya. Sementara ini dia memilih jadi PRT di saudara sendiri dan mengajar mengaji di daerah Kebayoran Lama, seminggu 3 kali naik sepeda nyambung KRL.
Tak lama suaminya pun pulang cerita2 seru semakin menggila sampe2 saya mau menangis kalo mendegar perjuangan hidup mereka 9ga usah saya tulis semua kali ya nanti banjir air mata)... Wahai pejabat dimana kalian???!! Lihat mereka2 ini!! mereka adalah contoh manusia berbudi dan ber-Tuhan yg sesungguhnya, mereka selalu jujur, kerja keras dan anti mengambil sepeserpun dari rejekinya, sesunggunya kekayaan mereka berasal dari kesederhanaan mereka, karena salut dan emosi aku jadi inget para pejabat yg jahat2 itu…hue..he2..
Karena waktu sudah semakin malem jam 23:30 WIB (saya datang kerumah dia 19:30 WIB), aku ingin pamit pulang.
Hari ini aku datang dan belajar dari seorang ibu teladan, sahabat ber-sepedaku, aku belajar tetang hidup, mencari rejeki, belajar beriman dalam arti sesungguhnya. Sesungguhnya selama ini aku adalah si bodoh, si congkak, orang yg tidak bisa bersyukur, si cengeng, si alay, si lebay dlsb.
Dengan naik sepeda aku selama ini merasa sebagai teladan, pahlawan, pemenang dalam kemacetan, si jenius yg memilih transportasi dengan bersepeda, dslb dlsb,  ahh semua itu ternyata palsu!! karena yg asli adalah hati yg bersih dan ikhlas., seperti si ibu.
Aku bersyukur malam ini aku sudah belajar tetang hidup, aku berterima kasih karena sepeda aku bisa melihat, mendegar dan merasakan dari dekat sisi kehidupan yg sesungguhnya. Sekian.

  • Kisah ini saya dedikasikan untuk ibu2 dan wanita seluruh Indonesia, yg kisahnya saya ambil dari kisah nyata dan pengalaman pribadi. (Tangerang, 22 Januari 2010)
  • semoga nanti dilain kesempatan saya bisa foto si Ibu.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

slider

 
di dukung : desain | apotik herbal 24 | toko herbal grosir
apotik herbal24 Blogger
Copyright © 2011. komunitas sepeda santai rawamangun-pulogadung-jakarta timur - Gowes Untuk Indonesia Hijau
Template Design by Creating Website Published by Mas Template